Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Apa sajakah tanda tanda kehamilan itu? Beberapa wanita ada yang mengalaminya begitu dia mulai hamil. Namun, ada juga yang aru mengalami tanda-tanda kehamilan begitu kehamilannya sudah mencapai 6 minggu.
Jika Anda tidak mencatat periode menstruasi Anda, atau jika siklus haid Anda tidak teratur, mungkin Anda akan bingung apakah Anda hamil atau tidak. Namun, apabila Anda mengalami beberaoa gejala di bawah ini, kemungkinan Anda hamil. Segeralah test kehamilan di rumah, apabila Anda mengalami gejala berikut untuk memastikan Anda hamil atau tidak.
Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan Awal

  • Malas / justru ingin makan sesuatu
Jika Anda baru hamil, bau makanan tertentu atau bahkan bau nasi dapat memicu rasa mual Anda. Beberapa makanan yang biasanya Anda suka bisa jadi berubah menjijikkan untuk Anda. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebabnya. Mungkin hal ini berkaitan dengan berubahnya hormone saat terjadi kehamilan.
  • Berubahnya suasana hati
Hal ini umum terjadi. Hampir sama seperti PMS. Orang yang sedang hamil, lebih sensitive dan kadang merasa sedih, emosional atau bahkan putus asa.
  • Perut Kembung
Perubahan hormonal saat hamil membuat perut terasa kembung. Banyak orang salah mengira dirinya sedang masuk angin. Terkadang, ada juga yang merasa lebih gendut di perut, padahal kehamilannya masih baru beberapa minggu
  • Sering buang air kecil
Perubahan hormone kehamilan juga mempbuat laju darah Ana lebih banyak dan dibuang ke ginjal. Hal ini menyebabkan kandung kemih Anda lebih cepat penuh dari biasanya. Sehingga Anda akan merasa ingin kencing.
Seiring pertuimbuhan janin Anda, kandung kemih akan lebih tertekan sehingga frekuensi buang air kecil Anda akan semakin meningka
  • Kelelahan
Merasa lelah secara tiba-tiba? Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan kelelahan awal kehamilan, tapi mungkin meningkatnya  kadar hormon progesteron Anda membuat Anda gampang mengantuk. Tentu saja, mual saat pagi dan harus sering buang air kecil pada malam hari dapat menambah kelesuan Anda juga.
Anda akan  mulai merasa lebih bugar setelah Anda mencapai trimester kedua, meskipun kelelahan biasanya kembali di akhir kehamilan ketika beban perut Anda semakin besar dan ketidak nyamanan membuat Anda sulit tidur nyenyak di malam hari
  • Payudara membengkak dan lebih lembut
Salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah membengkaknya payudara. Payudara juga menjadi lebih lembut dan sensitive akibat dari meningkatnya kadar hormon. Pada beberapa orang payudara akan terasa sakit jika dipegang. Hal ini akan menghilang dengan sendirinya seiring usia kehamilan Anda karena tubuh sudah lebih menyesuaikan dengan perubahan hormonal Anda.
  • Mual
Pada sebagian wanita, mual baru dialami pada bulan kedua kehamilan. Ada juga yang langsung merasa mual dari awal kehamilan.
Mual dapat terjadi pada pagi, siang, atau sore bahkan malam meskipun istilahnya morning sickness. Namun, bpada beberapa wanita, jstru tidak mengalami mual sama sekali.
Untuk mengatasi mual saat hamil, Anda dapat membaca tips nya di artikel mengatasi mual muntah saat hamil
  • Terlambat nya menstruasi
Bagi wanita yang siklus haidnya teratur, terlambatnya menstruasi merupakan tanda yang paling mudah diketahui. Segera lakukan tes kehamilan apabila haid Anda tiba-tiba telat.
Namun, bagi Anda yang siklus haidnya tidak teratur, mungkin Anda akan mengalami nyeri payudara dan buang arir kecil lebih sering sebelum haid Anda tidak dating
  • suhu tubuh basal Anda tetap tinggi
Suhu basal wanita yang sedang hamil akan lebih tinggi dari biasanya. Biasanya hal ini harus diukur selama 18 hari bertutut turut
  • Test kehamilan positif
Hal ini yang paling penting dan jika tes Anda positif, sudah dipastikan Anda hamil. Namun, jika tes Anda negative, coba ulangi setelah beberapa hari. Beberapa alat tes kehamilan mungkin tidak akurat.
Segeralah kunjungi dokter kandungan, jika Anda sudah memastikan tes kehamilan yang Ana lakukan telah positif.

0 Response to "Tanda-Tanda Awal Kehamilan"

Posting Komentar